Site Rank Alexa untuk Perguruan Tinggi dalam negeri

Setelah melihat hasil webometric bulan juli 2008 saya coba mengamati Site Rank yang dilakukan oleh alexa, dengan memasukkan satu demi satu Perguruan tinggi dalam negeri maka di dapat hasil sebagai berikut. Jadi dari hasil Alexa ini bisa disimpulkan pula bahwa tiga besar situs webometric Indonesia memang menempati posisi 3 besar pula di alexa walaupun ternyata urutannya berubah. Hasil site rank Alexa adalah didasarkan pada database Alexa yang memuat sekian juta situs. Dengan Alexa maka situs yang lebih sering diakses akan menempati posisi lebih baik

Selain melacak rangking yang dibuat alexa saya juma mencoba meng-compare beberapa website yang

sejenis, antara lain ugm.ac.id, ipb.ac.id, undip.ac.id, uns.ac.id dan di dapat grafik ini. Nampak bahwa uns.ac.id diatas sedikit dengan undip.ac.id, namun masih dibawah unair dan brawijaya, namun diposisi yang tertinggi ugm.ac.id, klo dilacak websitenya sendiri ugm memang uptodate, komunitas alumni yang sudah berjalan baik, mahasiswa yang sudah menggunakan internet.

Lalu bagaimana dengan UNS?, mulai tahun ini akan dikembangkan SOP untuk pengaturan content-content website tersebut harus mulai mempelajari tips dan triks SEO, tetapi semuanya tetap butuh peran serta mahasiswa, dosen karyawan dan alumni.