Share

Baru saja kita mendengar susu formula yang tercemar bakteri, Adalah IPB (Institut Pertanian Bogor) beberapa bulan yang lalu mengumumkan sebuah hasil penelitian yang mereka lakukan tentang terjadinya kontaminasi kuman Enterobacter Sakazakii (ES) pada beberapa sampel susu formula yang mereka teliti. Hasilnya pun tidak tanggung tanggung, hampir 80 persen dari sampel tersebut positif mengandung bakteri yang berbahaya tersebut.

Sekarang muncul berita lagi tentang susu yang tercemar melamin dari cina, mengapa kasus tersebut muncul ketika ada korban, dan korbannya tidak tanggung-tanggung 53.000 bayi terkontaminasi dan 4 bayi yang dikonfirmasi meninggal akibat gagal ginjal, dan mengapa kasus tersebut sempat ditutup-tutupi pada saat olimpiade di cina ?korban2  yang di rahasiakan pemerintah China? tanyalah pada rumput yang bergoyang.. :D

Melamin merupakan bahan yang berbahaya bagi tubuh kita, sebenarnya apa sih melamin itu? Melamin adalah bahan kimia berbasis organik dengan rumus kimia C3H6N6. Melamin merupakan trimer dari sianida. Melamin ini mengandung 66% nitrogen, dan sering digunakan untuk bahan campuran plastik dan pupuk. Karena mengandung banyak nitrogen, maka susu yang dicampur dengan Melamin akan menyebabkan seolah-olah kadar protein susu lebih banyak dari kandungan protein aslinya.

Sedangkan bahayanya apa? Melamin sama sekali tidak berguna untuk kesehatan dan tidak ada kandungan nutrisinya. Produk plastik yang menggunakan melamin sebagai bahan dasarnya memang murah sekali, tetapi ada bahaya kanker yang akan menyerang jika menggunakan produk plastik dari melamin.
Bahaya yang dapat ditimbulkan dari Melamin :

  • Iritasi untuk kulit yang terkena melamin
  • Kerusakan alat-alat reproduksi
  • Gagal ginjal
  • Kanker

Nah bahaya sekali kan, relakah anak cucu kita sebagai penerus bangsa terkena inbasnya karena susu-susu tersbut?..
Bercermin dari kasus tersebut, marilah kita berbenah, introspeksi diri, kita manfaatkan sumber daya yang ada, sumber daya yang tidak akan habis, yaitu ASI, yang merupakan amanah dari Allah untuk anak kita.
seperti dalam ayat alQuran:

“Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan…” Surat Albaqarah:233

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaKu lah kembalimu.” (QS. Luqman, 31 : 14)

Hikmah ayat yang terkandung dalam kitab Suci Alqur’an tersebut, setidaknya menekankan bahwa Air Susu Ibu (ASI) sangat penting untuk diberikan ibu pada anaknya. Tidak main-main, seorang ibu wajib memberikan ASI sampai anaknya genap usia 2 tahun. Namun, untuk konteks sekarang kelihatanya mengalami degradasi.

Sebenarnya manfaat ASI itu apasih? Hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa. Selain sebagai zat penting bagi otak dan retina manusia, minyak tersebut juga sangat penting bagi bayi yang baru lahir

Banyak yang belum tahu, ASI ternyata kaya triptofan – ‘bahan baku’ serotonin otak yang sangat penting untuk memori, tidur dan relaksasi. Triptofan adalah salah satu asam amino esensial yang penting bagi tubuh manusia – sejak lahir sampai tua – untuk membuat serotonin. Menurut Jalaluddin Rakhmat – pakar komunikasi yang menekuni dunia psikologi dan neurologi – dalam bukunya Belajar Cerdas, Belajar Berbasis Otak, triptofan dimetabolisasi menjadi amino bernama serotonin.

Sebenarnya, semua produk susu (dari mamalia) mengandung triptofan. Tapi seperti diakui sendiri oleh Eric L Lien, peneliti dari Nutrition Research and Development sebuah perusahaan susu formula di Philadelphia, Amerika Serikat, konsentrasi alfa-laktalbumin (protein yang dominan dalam ASI) relatif rendah di dalam susu formula, sementara beta-laktoglobulin (protein yang tidak ditemukan dalam ASI) justru paling dominan dalam protein whey susu formula. “Alfa-laktalbumin kaya triptofan, yang umumnya merupakan asam amino yang terbatas jumlahnya di dalam susu formula,” kata Lien.

Sehingga jelas ASI sangat berperan dalam kecerdasan Otak,dan janganlah kecerobohan ibu-ibu Indonesia menyumbang rendahnya Human Development Index (HDI) Indonesia. Ibu-ibu kita telah melupakan bahwa ASI, mempunyai mukjizat luar biasa bagi manusia. Yaitu, kadar ASI bisa berubah sesuai dengan fase-fase pertumbuhan bayi. Jumlah kalori dan zat gizi berubah berdasarkan keadaan bayi saat lahir, apakah ia lahir prematur ataukah tepat waktu. Bila bayi lahir prematur, kadar lemak dan protein ASI lebih tinggi daripada kebutuhan bayi umumnya, karena bayi prematur membutuhkan kalori lebih banyak.

Jadi para ibu, janganlah beralasan apapun untuk meninggalkan asi dan berganti ke dot, itu amatlah sangat berbahaya, kasihan anak-anak anda. Apalagi yang beralasan Tidak keluar lah, macet lah dan lain sebagainya emang kran, ya itu karena tidak dirangsang untuk diberikan ke anaknya, walaupun tidak keluar tetap berikan ke anak, biarkan anak menyusu, secara kesehatan itu akan menstimulus untuk memproduksi asi. ini berdasarkan dokter anak lho.. bukan asal-asalan. :D

Satu lagi, ketika ibu melahirkan di rumah sakit, segeralah mengambil bayi anda dan letakkan di dada sang ibu, biar terjadi kontak batin antara ibu dan anak, secara naluri anak akan mencari asi. janganlan bayi anda terlalu lada dengan suster, kebanyakan suster akan memberikan dot kepada bayi anda karena tidak tahan dengan tangisannya, sekali bayi anda memakai dot, dia tidak akan mau minum asi. ingat.. ingat.. itu ya…
Hikmah dari peristiwa ini adalah : ASI masih yang terbaik untuk bayi saudara.