Hibernate, menyimpan pekerjaan terakhir ketika shutdown

Teman, anda pernah ketika akan pulang kantor harus mematikan notebook/komputer padahal sudah membuka banyak aplikasi, dan aplikasi tersebut berhubungan dengan pekerjaan anda, anda kawatir kalau dimatikan, besoknya ketika menghidupkan komputer/notebook anda harus menghidupkan aplikasi tersebut dan lupa sampai dimana pekerjaan kemarin?.

Nah, salah satu tool yang disediakan oleh windows yaitu hibernate sangat membantu pekerjaan kita nih, kita tidak perlu menutup aplikasi yang sedang dibuka, tidak kawatir besok ketika menghidupkan komputer/notebook lupa sampai dimana pekerjaan terakhir sedang dikerjakan.

Mungkin perbedaan antara hibernate, turn off, stanby dan restart, bisa sedit membantu pengetahuan kita.

  • Turn Off
    Kondisi dimana komputer/notebook mati total, tidak menggunakan power sama sekali. Aplikasi yang telah dibuka harus di tutup atau akan di tutup paksa oleh sistem.
  • Stand By
    Kondisi dimana komputer/notebook dalam kondisi “tidur”, masih membutuhkan power walaupun sedikit, dibangunkan bisa secara cepat, data disimpan dalam RAM.
  • Restart
    Kondisi dimana komputer turn off sebentar kemudian menyala kembali dari awal.
  • Hibernate
    Kondisi dimana komputer dalam posisi turn off tetapi masih menyimpan memory pekerjaan yang terakhir dilakukan dan aplikasi yang sedang aktif. Tidak memerlukan power. Penyimpanan memori di dalam harddisk biasanya di C:/hiberfill.sys, Membutuhkan free space hardisk yang banyak sekitar 500 Mb.

Dimanakah Hibernate?

Ketika Turn Of komputer kan muncul tombol seperti dibawah

Tekankeyboard shift maka button stanby akan berubah menjadi hibernate

Untuk mengaktifkan hibernate ketika notebook idle beberapa waktu bisa mengikuti langkah berikut

  1. Klik Control Panel
  2. Klik Power Option
  3. Pada Tab hibernate, beri cek pada option hibernate
  4. Untuk mengaktifkan hibernate jika komputer tidak dipakai beberapa waktu, klik tab power shcemes
  5. Untuk mengktifkan hibernate ketika lcd di tutup, jadi kita tidak perlu repot-repot menshutdown komputer, klik tab advanced, pilih hibernate di bagian when I close the lid of my portable computer

Sekian dulu tips nya, terima kasih.