msconfig, optimalisasi starup dan service windows xp

Sering kita dipusingkan dengan ulah windows yang sedang kita pakai, lambat waktu star, lambat waktu kerja, bahkan sampai ngehank, itu sudah hal biasa bagi windows. Tetapi jangan lah kemudian pasrah gitu saja, itu semua karena service yang ada diwindows, yang kita tidak tahu mungkin ada service-servise tertentu yang tidak perlu tetapi sudah jalan sejak awal.

yang perlu kita lakukan cukup mudah, hanya berbekal aplikasi bawaan windows yang dikenal dengan system configuratuin utility, kita sudah bisa melihat service yang dijalankan windows baik yang sudah jalan atau yang di starup. untuk menjalankan utility tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Start -> run
  2. Ketik msconfig, aplikasi utility akan terbuka.

Setelah aplikasi utility terbuka ada tab star up dan service, disitulah kita bisa melihat service yang dijalankan oleh windows, hilangkan tanda cek pada service yang tidak kita perlukan baik di star up.

khusus untuk service, pada bagian bawah beri cek pada Hide All Microsoft Service, sehingga aplikasi yang digunakan oleh windows akan tersembunyi jadi kita tidak salah untuk memilih, setelah itu disable semua service, kecuali antivirus dan aplikasi yang anda perlukan.

setelah itu klik tombol ok kemudian restart, ingat harus restart agar bisa utility ersebut bisa dieksekusi.