Konsep Pemrograman Berorientasi Object (OOP)

Bagi anda yang baru masuk ke dunia software, pasti ketemu dengan kata program dan pemrograman  tapi apakan sebenarnya hal itu? makanan dari mankah itu? 🙂

Program adalah suatu bentuk aplikasi atau bisa juga disebut software yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan atau kumpulan pekerjaan baik perhitungan atau pun serangkaian perhitungan yang masih bisa di logika.

Bahasa pemrograman adalah serangkaian perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk bisa melakukan pekerjaan atau tugas tertentu.

Sedangkan pemrograman adalah suatu teknik untuk membuat program dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Pemrograman berorientasi object (Object Oriented Programming) adalah teknik/cara membuat program dengan berdasarkan object.

Agar lebih mudah memahami konsep tentang object, sebagai contoh kita bisa melihat  disekeliling kita,  misalkan meja,kursi,almari adalah contoh object . Object yang tersebut berada dalam sebuah ruang, sedangkan ruang yang lain berisi alat senam, alat senam ini juga disebut onject dari sebuah ruang.  Klalau kita emperbesat sudut pandang kita makan runag adalah onject dari sebuah rumah, dan kalau kita besarkan lagi sudut pandangnya rumah ini juga object dari bumi, dan begitu seterusnya. jadi object tergantung dari sudut pandang kita terhadap sesuatu itu.

Meja,Kursi,Almari dlam sebuah Ruang
Ruang makan,Ruang tidur,Kamar Mandi dalam sebuah rumah
Rumah bapak A, Rumah Bapak B dalam sebuah pulau
Pulau jawa, pulau sumatra dalam bumi
kalau kita lihat lebih kecil lagi dalam lemari ada baju.celana juga meruakan sebuah object dari almari.

Kalau dalam pemrograman, Ruang, Rumah, Bumi inilah yang disebut class.

Setiap onject memiliki atribut dan Method. Atribut adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik dari object. sedangkan mothod adalah segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh object.

Sebagai contoh, Meja memiliki atibut warna, model,tipe dan lain sebagainya
dan Meja juga memiliki method untuk menulis,untuk menggambar,untuk makan.