Nge blog di UNS, salah satu alternatif untuk mengikat ide anda

Gerakan nge_blog uns di staff.uns.ac.id yang dipelopori puskom uns seperti Sutanto , tunggul dan yang lainnya di harapkan mampu memberikan fasilitas kepada dosen dan staff universitas sebelas maret untuk mengikat ide – idenya dalam bentuk tulisan, dengan begitu ide anda biar tidak terbang kemana-mana.

Seperti kata pepatah yang dipakai dalam kegiatan ini katak saja tidak betah dalam tempurung, bagaimana dengan anda? merupakan sebuah motivasi yang dapat memacu kita baik dosen maupun staff uns untuk memulai menulis dan mempublikasikan hasil karya anda untuk dapat  sharing dengan masyarakat maupun dosen dan staff yang lain.  Bagi yang belum punya blog marilah memulai dari sedikit demi sedikit, bagi yang sudah. Blog uns ini adalah sebagai referensi untuk membantu meningkatkan peringkat universitas anda di world class university.

Dengan blog bukan sekedar kita mempunyai web site sendiri yang cara memeliharanya dengan mudah, semudah menggunakan ms word atau mesin ketik. Tapi ada manfaat-manfaat yang lainnya, beberapa manfaat yang bisa saya ringkas dari blog-blog tetangga.

  1. Menulis blog merupakan langkah berani untuk mengekspresikan diri. Tulisan merupakan jati diri Anda.  Tuangkan pemikiran,gagasan, ide dan kreativitas anda dalam tulisan.  Blog adalah sebuah sarana untuk mengekpresikan diri anda. Blog adalah perpanjangan diri Anda, aktualisasi sebagai manusia yang berbudaya.
  2. Blog adalah Sumber inspriasi kemanusiaan. Saat kita menuliskan kata-kata dalam blog, tidak hanya kita mengkomunikasikan ide, gagasan, pengalaman, rasa harus, niat bisnis atau menuangkan pemikiran tetapi juga sumbangsih bagi kemanusiaan. Karya tulis di blog akan dibaca banyak orang dari berbagai belahan bumi.  Inspirasi Anda akan bermanfaat bagi kemanusiaan. Inilah mengapa menjadi blogger itu tidak sekedar menulis dan mencari pengunjung. Esensinya adalah tugas kemanusiaan untuk menjadi lebih baik lagi.
  3. Menulis blog juga exercise intelektual yang merupakan karunia terbesar Tuhan kepada manusia. intelektual manusia merupakan modal yang sangat besar. Daya fikir merupakan anugrah yang harus dimanfaatkan dengan terus menerus mengkomunikasikan gagasan melalui blog. Kita menulis tidak hanya sekedar memuaskan keinginan tetapi merupakan sebuah “ibadah” yang mengekspresikan syukur kepada kepada Ilahi yang sudah memberikan kemampuan ini.
  4. Koneksi antar fikiran dan rasa merupakan sebuah manfaat penting mengapa blogger penting. Silaturahmi dan komunikasi antar manusia merupakan sebuah wahana untuk menjadikan kelemahan diri tertutupi dan dilengkapi oleh sesama manusia.
  5. Sebagai investasi anda di masa tua dan di akherat(bagi yang percaya), kita mungkin tidak begitu percaya, tapi blog merupakan investasi di hari tua, mungkin kita tidak memikirkan tulisan dan ide kita bisa sangat membantu sedikit atau banyak orang, tetapi dengan modal iklas dan jujur tulisan-tulisan mungkin bisa merubah budaya,prilaku,sistem entah apa itu sehingga mempunyai efek di hari tua kita. Untuk di akherat (bagi yang percaya) kalau dalam Islam 3 hal yang dapat membatu kita untuk selalu mendapatkan pahala ketika kita sudah meninggal, 1) Anak yang sholeh dan sholehah, 2)sodaqoh dan amal , 3)Ilmu yang bermanfaat.  Dengan blog kita bisa menuangkan ilmu yang bermanfaat tersebut sehingga setiap waktu, setiap detik bisa di baca dan bermaanfaat bari orang.

Dari manfaat tersebut sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk bilang wah sulit, wah ndak isa, wah repot, apakan anda mau di bilang orang dalam tempurung padahal katak saja tidak betah dalam tempurung.