MySQL vs PostgreSQL vs Other RDBMS

Dah 4 tahun bermain-main dengan MySQL, akhir tahun kemarin dapat pelatihan pranata komputer dibandung, ternyata disana database yang digunakan yaitu PostgreSQL, salah satu alasannya  MySQL Client kini di bawah GPL dan bukan LGPL.

Mengapa PostgreSQL? BSD License. BSD License adalah lisensi yang sangat bebas. Bahkan kalau ada seseorang yang mengembangkan Software yang dipublikasikan di bawah BSD License kemudian menjualnya, itu diperbolehkan. Sebab, tanpa perubahan yang besar orang akan tetap memilih versi gratisnya, jadi, sang pengembang dibayar untuk pengembangan yang dilakukannya. MySQL yang GPL hanya gratis untuk aplikasi yang GPL pula. Jadi tidak boleh digabungkan dengan software yang bisa dijua.

Itu saya sebut di awal untuk mengingatkan mereka yang hendak menjual software yang mengandung MySQL Client Library di dalamnya. Alasan lainnya masih banyak, salah satunya, PostgreSQL adalah Object-RDBMS. Misal, Anda memiliki tabel karyawan (nip, nama), dengan PostgreSQL Anda dapat membuat tabel kabag(inherit(karyawan), bagian). Untuk kemudian mendapati semuanya terdaftar saat melakukan SELECT * FROM karyawan (untuk mendaftar karyawan saja tanpa para kabag, gunakan SELECT * FROM ONLY karyawan)

Keunggulan-keunggulan lain dari PostgreSQL di antaranya adalah Stored Procedure, Views, Cursors, Referential Integrity, Subqueries. Versi MySQL baru versi 5 yang memiliki vitur tersebut. Di sisi lain MySQL juga memiliki keunggulan, misalnya untuk replikasi, pengolahan masih tercepat.

Ada komentar?