Hari Pertama Pelatihan Network Simpul Inherent, UNS dapat kritikan

Hari Selasa pukul 6 pagi lebih sedikit kita (Pak Tunggul dan Pak wa2n) berangkat ke Yogjakarta untuk mengikuti pelatihan network simpul inherent. Kira-kira pukul 8.00 WIB sampai di wisma MM jl. colombo No 1, untuk cek in dan bersih-bersih.

Setengah jam kemudian berangkat ke tempat pelatihan yaitu PPTIK UGM. Setelah registrasi barulah masuk ruang pembukaan yang didalamnya sudah ada beberapa peserta. Jam 9 pas acara dibuka, kebetulan yang membuka acara Pak Bambang Prastowo. Dalam pembukaan tersebut disebutkan kondisi inherent, koneksi dan lain sebagainya. namun yang jadi tercengangnya saya, UNS dapat kritikan, kenapa koneksi ke simpul inherent ke Jogja hanya on deamon atau hanya kalau butuh saja, padahal sharing resource di inherent ini sangatlah banyak. Kayak jurnal, distro, dan masih banyak lagi. Usut punya usut ternyata koneksi uns ke simpul inherent terdekat yaitu UGM melalui lise linenya telkom, dan otomatis harus berlangganan, lha ternyata kantor pusat UNS belum bisa menerima alasan kenapa harus koneksi inherent dengan berlangganan lagi, padahal beban internet sendiri sudah banyak?.. nah gimana hayoooo..

Sekarang yang jadi solusinya bagaimana kita dapat terkoneksi dengan simpul terdekat yaitu UGM dengan biaya seminimal mungkin dan kwalitas sebagus mungkin. Seandainya harus pakai LCnya telkom bagaimana caranya agar bisa tetep berlangganan? apakah sudah terpikirkan dalam pengembangan ICT di uns? apakah harus kantor pusat yang membayar?   ataukah kita pilih yang ketiga tidak masuk komunitas sama sekali artinya kita akan menjadi universitas yang terbelakang jauh dari komunitas.. ehem.. hehe ya ndak separah itu tapi bisa mendekati lho.. hahaha

Gimana donk solusinya?….